Community Development

Community Development (Comdev) BEM FISIP UI merupakan sebuah program pemberdayaan masyarakat di sekitar UI yang telah berlangsung selama sekitar 2 tahun. Comdev BEM FISIP UI telah dilangsungkan sejak masa kepengurusan Senat Mahasiswa FISIP UI 2006-2007, dan saat ini telah sampai pada tahap implementasi melanjutkan kepengurusan sebelumnya.

Sasaran dari program ini ialah para pemuda di RT 08/03 Kelurahan Kemiri Mukia Depok.

Tujuan dari program ini ialah agar sasaran dari program ini dapat menjadi manusia yang lebih baik -baik secara spiritual maupun finansial-, mendatangkan manfaat bagi diri sendiri dan bagi masyarakat di sekitarnya.

Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan untuk sasaran program ini antara lain pembinaan spiritual dan motivasi serta pembinaan kewirausahaan. Mereka dilatih cara-cara membuat produk daur ulang serta membuat bahan baker briket, yang dapat digunakan oleh penduduk di sekitarnya.

Sehingga diharapkan melalui program ini, mereka memiliki motivasi untuk berwirausaha/bekerja, memiliki usaha bersama-sama dan menjalankan usaha tersebut. Program ini diharapkan juga dapat menjadikan mereka sebagai pelopor bagi pemuda setempat lainnya untuk berkembang dan dapat mengurangi pengangguran.


Di dalam kepengurusan Comdev BEM FISIP UI sendiri terdapat 5 divisi yang mempunyai tugas dan tujuan masing-masing, yakni sebagai berikut:

1. Pembinaan Spiritual dan Motivasi
Yakni divisi yang bertugas membina para peserta Comdev BEM FISIP UI (para pemuda di RT 08/03 Kelurahan Kemiri Mukia Depok) dari segi spiritual (kejiwaan dan keagamaan) serta terus memompa semangat mereka agar terus memiliki motivasi untuk maju dan berkarya.

2. Pembinaan Kewirausahaan
Divisi ini bertugas membina para peserta melalui kegiatan-kegiatan yang bertujuan agar para peserta dapat berwirausaha. Kegiatan yang dilakukan antara lain pelatihan-pelatihan/pemberian keterampilan dalam memproduksi barang-barang yang memiliki nilai guna dan nilai jual. Selama 6 bulan kepengurusan Sosmas BEM FISIP UI, para peserta Comdev akan dibekali dengan cara-cara membuat tempat pensil dari botol minuman, kertas daur ulang, dan bahan bakar yang hemat dan ramah lingkungan serta diharapkan dapat berguna bagi banyak orang, yakni briket. Divis Pembinaan Kewirausahaan juga bertanggung jawab atas peningkatan kualitas dan kuantitas barang-barang hasil produksi.

3. Pemasaran dan Pengembangan Produk (Marketing and Product Development)
Divisi Pemasaran dan Pengembangan Produk bertanggung jawab memasarkan barang-barang hasil produksi para peserta Comdev. Sebelum melakukan pemasaran, divisi ini juga bertugas menyiapkan/memastikan barang hasil produksi tersebut sudah layak jual. Pengembangan produk antara lain dilakukan dengan cara branding & pengemasan yang menarik. Setelah itu divisi marketing memasarkan barang-barang hasil produksi, antara lain dengan melalukan eksibisi produk. Hal lain yang juga menjadi tugas divisi ini ialah melakukan pencarian dan kerjasama dengan sponsor.

4. Humas Publikasi dan Dokumentasi (HPD)
HPD merupakan divisi yang penting dalam sebuah kegiatan. Begitu juga dalam program ini. HPD bertugas menginformasikan/mempublikasikan Comdev BEM FISIP UI kepada orang-orang, khusunya Civitas Akademika FISIP UI. Sangat disayangkan jika BEM FISIP UI memiliki daerah binaan, namun warga FISIP UI atau bahkan anggota BEM FISIP UI sendiri tidak mengetahui keberadaannya. Untuk itu divisi ini bertugas menyebarluaskan informasi mengenai kegiatan-kegiatan dan progres yang dicapai oleh peserta Comdev BEM FISIP UI kepada khalayak. Selain itu, divisi ini juga bertugas mendokumentasikan segala macam kegiatan yang dilakukan.

5. Comdev Talk
Comdev Talk ialah sebuah acara talkshow dan workshop mengenai Community Development. Acara ini akan dilangsungkan pada pertengahan/akhir bulan November 2008. Acara ini bertujuan memberitahukan kepada para peserta (hadirin & undangan) mengenai seluk beluk kegiatan Community Development, sharing tentang kegiatan Community Development yang dilakukan oleh lembaga-lembaga kemahasiswaan di UI, dan lain sebagainya. Diharapkan, setelah acara ini, peserta menjadi lebih tahu tentang Community Development. Selain itu diharapkan juga dapat terbentuk program Community Development yang baru yang dijalankan bersama oleh para mahasiswa perwakilan dari seluruh jurusan yang ada di FISIP UI.



STRUKTUR KEPENGURUSAN

Penanggung Jawab
Ketua BEM FISIP UI Pandu Utama Manggala

Steering Committee
Kepala Departemen Sosial Masyarakat BEM FISIP UI Rifa Mulyawan

Project Officer Asri Muninggarsari

Sekretaris Umum Arsetya

Bendahara Umum Khilwi

Koordinator Dana & Usaha Icha Rastika

Penanggung Jawab Divisi Pembinaan Spiritual dan Motivasi
Muhammad Arfandi Nasrullah

Penanggung Jawab Divisi Pembinaan Kewirausahaan

Chira Chumaira
Yusuf Hakim Gumilang

Penanggung Jawab Divisi Pemasaran dan Pengembagan Produk
Amri Pitoyo Priyadi
Ajeng Radini Tonia

Penanggung Jawab Divisi Humas Publikasi dan Dokumentasi
Perdana Putra Setianda
Wanda Ayu

Penanggung Jawab Divisi Comdev Talk
Nur Rahma Hanifah





Inilah program-program Sosmas BEM FISIP UI 2008:
(klik untuk informasi lebih lanjut)


Community Development (Comdev)

Menu Amal

Social and Environment Days Celebration (Sensation)

Sosmas Online (Sosline)



Tentang Kami
Program Kami
Anak Sosmas