Menu Amal

Kegiatan Menu Amal adalah kegiatan penggalangan dana untuk pihak-pihak yang membutuhkan di luar lingkungan FISIP UI. Mereka yang beramal dapat memilih untuk siapa/apa uang mereka akan disalurkan, sesuai dengan pilihan yang ada di daftar menu. Dana yang terkumpul dari menu amal ini akan disalurkan melalui lembaga donor yang terkait.


Kegiatan Menu Amal ini ditujukan khusus kepada seluruh Civitas Akademika FISIP UI yang terdiri dari dosen-dosen pengajar di lingkungan FISIP UI, mahasiswa-mahasiswi FISIP UI yang terbagi menjadi mahasiswa/i SI di delapan departemen dan mahasiswa/i D3 di enam departemen di FISIP UI.


Tujuan diadakannya program ini ialah membantu civitas akademika FISIP UI yang ingin menyumbangkan uangnya, meningkatkan kepedulian mahasiswa FISIP terhadap lingkungan sekitarnya, serta membantu pihak-pihak terkait yang berhak menerima bantuan.



TEKNIS

  1. Kegiatan Menu amal akan diselenggarakan sebanyak lima kali dalam enam bulan. Yaitu dua kali di bulan September, dua kali di Bulan Oktober dan satu kali di Bulan November.

  2. Kegiatan Menu Amal bekerja sama dengan lembaga-lembaga donor yang akan mendonorkan lansung dana yang telah diberikan oleh donatur kepada target sasaran yang telah disediakan langsung oleh lembaga donor tersebut.

  3. Transaksi penggalangan dana akan dilaksanakan pada dua hari tertentu pada tiap bulan yang telah disebutkan pada poin satu di tempat (stand) bernama ”Warung Amal” yang telah disediakan di lingkungan FISIP UI.

  4. Di Warung Amal tersebut akan ada panitia-panitia penyelenggara kegiatan yang berperan sebagai waiters dengan mengenakan seragam yang sama, yang akan menggalang dana langsung kepada donatur (berkeliling). Ada pula yang berjaga di Warung Amal, karena di Warung Amal juga akan disediakan tempat penggalangan dana serta berbagai macam informasi mengenai lembaga-lembaga donor terkait sehingga donatur mengetahui kemana dana tersebut akan disumbangkan.

  5. Warung Amal akan dibuka pada satu hari di minggu kedua dan ketiga di tiap bulan yang telah ditentukan pada poin satu.

  6. Satu minggu pertama akan dilaksanakan publikasi gencar-gencaran untuk menarik perhatian para donatur.

  7. Khusus untuk satu hari pada Bulan November, Warung Amal akan mendatangkan salah satu perwakilan dari lembaga terkait yang akan ikut stand by di Warung Amal, sehingga donatur akan lebih mengetahui berbagai macam informasi yang lebih mendalam melalui penjelasan oleh perwakilan lembaga donor terkait.

  8. Di Warung Amal tersebut, lembaga donor menjelaskan prosedur dan segala macam informasi yang dibutuhkan oleh donatur. Donatur pun langsung dapat bertransaksi saat itu juga dengan lembaga donor terkait.



JADWAL

  • Bulan September

Hari : Jumat minggu kedua dan ketiga

Tanggal : 12 dan 19 September 2008

Waktu : Shift 1 pukul 09.00 – 12.00

Shift 2 pukul 13.15 – 15.00

Tempat : Belakang Gedung MBRC

  • Bulan Oktober

Hari : Kamis minggu kedua dan jumat minggu ketiga

Tanggal : 16 dan 24 Oktober 2008

Waktu : Shift 1 pukul 09.00 – 12.00

Shift 2 pukul 13.15 – 16.00

Tempat : Di dekat tangga restoran korea bawah Gedung D

  • Bulan November

Hari : Jumat minggu kedua

Tanggal : 14 November 2008

Waktu : Shift 1 pukul 09.00 – 12.00

Shift 2 pukul 13.15 – 15.00

Tempat : Di belakang Gedung MBRC


Di luar hari yang tertera pada jadwal tersebut, para civitas akademika FISIP UI juga tetap dapat menyumbang melalui kotak-kotak (dengan daftar menu amal) yang tersedia di lingkungan FISIP UI.



STRUKTUR KEPENGURUSAN


Penanggung Jawab Pandu Utama Manggala

Steering Committee Rifa Mulyawan

Ketua Panitia Yusuf Hakim Gumilang

Sekretaris Umum Nur Rahma Hanifah

Bendahara Ajeng Radini Tonia

Seksi Acara Perdana Putra Setianda

Tim Kreatif

Seksi Humas Wanda Ayu

Seksi Publikasi Amri Pitoyo Priyadi

Seksi Konsumsi Chira Chumaira

Seksi Perlengkapan Muhammad Arfandi Nasrullah

Seksi Dana dan Usaha Annisa




Inilah program-program Sosmas BEM FISIP UI 2008:
(klik untuk informasi lebih lanjut)


Community Development (Comdev)

Menu Amal

Social and Environment Days Celebration (Sensation)

Sosmas Online (Sosline)



Tentang Kami
Program Kami
Anak Sosmas