350 Orang Ikuti Comdev Talk

Depok, 29 November 2008 – 350 orang yang terdiri dari mahasiswa dan pelaku kegiatan pemberdayaan masyarakat di Depok dan sekitarnya memadati Balai Sidang Wisma BNI Kampus UI Depok untuk mengikuti Seminar dan Workshop Community Development Talk (Comdev Talk) bertema “Empowering You and Your Society” (Memberdayakan Diri dan Masyarakat Sekitar). Seminar dan Workshop yang diselenggarakan pada 28-29 November ini diselenggarakan oleh Departemen Sosial Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP UI, bekerjasama dengan PNPM Support Facility.

Seminar diselenggarakan pada Jum’at, 28 November dengan menghadirkan aspek pemerintahan, praktisi, akademisi, hingga sektor swasta yaitu Prof. Dr. Isbandi Rukminto Adi, Ph.D (Kepala Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UI); Ron Perkinson (CEO Sampoerna Foundation); Vivi Yulaswati (Kepala bidang Penanggulangan Kemiskinan BAPENNAS RI), John Victor Bottini (PNPM Support Facility), dan Armie Robi (Masyarakat Mandiri).


Hari berikutnya, diselenggarakan kunjungan lapangan ke lokasi PNPM Mandiri di wilayah Bogor dan dilanjutkan dengan lokakarya (workshop) dalam kelas yang dipandu oleh Rianingsih Djohani dari Studio Driya Media, Bandung.

“Kegiatan ini merupakan bentuk peran serta kami sebagai mahasiswa untuk mengabdikan diri pada masyarakat. Selama ini mahasiswa dianggap hanya rajin mengkritisi dan berdemo. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini kami ingin mengajak mahasiswa –mahasiswa lain untuk terjun langsung ke masyarakat dan melakukan perubahan,” ujar Pandu Utama Manggala, Ketua BEM FISIP UI dalam sambutannya.

Sedangkan Enurlaela Hasanah, Task Team Leader Communication Strategy for PNPM Mandiri menyatakan bahwa pihaknya sangat berbahagia dapat mendukung kegiatan ini. “Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat merupakan sebuah proses yang panjang dan kompleks. Peran serta berbagai pihak, termasuk akademisi dan mahasiswa sangat diperlukan untuk mewujudkan program pemberdayaan yang berkelanjutan dalam proses menuju masyarakat yang mandiri,” ungkap Enurlaela.

Indonesia sebagai negara yang memiliki 15 % penduduk di bawah garis kemiskinan, perlu meningkatkan pemberdayaan masyarakat agar mampu mandiri dalam mencapai taraf kesejahteraan. Kegiatan yang memiliki tujuan untuk mengenalkan Community Development sebagai suatu progam alternatif dalam memberdayakan masyarakat, juga berusaha untuk mengajak peserta dan masyarakat untuk mengetahui progam – progam dari Community Development itu sendiri.

Melalui tema “Empowering You and Your Society“ ini, masyarakat diajak untuk dapat mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan hidup mereka. Pemberdayaan yang dilakukan akan mendapatkan hasil yang positif apabila individu dan masyarakatnya dapat menyadari dan melaksanakan progam pemberdayaan itu secara baik.