UI Sosialisasikan Pemberdayaan Masyarakat

UNIVERSITAS Indonesia (UI) dengan diprakarsai oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) UI, menyelenggarakan Community Development Talk (Com Dev Talk), pada 27 November lalu.

Acara yang diselenggarakan di Balai Sidang UI Depok ini antara lain menghadirkan Prof Dr Isbandi Rukminto,Chief Executive Officer Sampoerna Foundation Ron Perkinson, dan Vivi Yulaswati dari BAPENNAS. Menurut kepala Departemen Sosial Masyarakat BEM FISIP UI Rifa Mulyawan, acara bertemakan ‘’Empowering You and Your Society’’ baru diadakan untuk pertama kalinya.

Pada dasarnya, acara ini bertujuan menyosialisasikan community development (pemberdayaan masyarakat), sebagai salah satu program untuk memberantas kemiskinan. ”Jika dilihat, masih banyak mahasiswa yang awam dengan istilah community development. Karena itu, kami menggelar acara ini,”ujar Rifa. Com Dev Talk merupakan suatu bentuk kegiatan seminar yang bertujuan memberikan pemahaman bahwa community development merupakan suatu bentuk program pemberdayaan masyarakat strata ekonomi menengah ke bawah.

Di Indonesia, sebanyak 15% penduduk masih hidup di bawah garis kemiskinan. Karena itu, Indonesia perlu meningkatkan pemberdayaan masyarakat agar mampu mandiri dalam mencapai taraf kesejahteraan. Kegiatan ini membuka peluang untuk mengenalkan community development sebagai suatu program alternatif dalam memberdayakan masyarakat.

Di samping itu, kegiatan ini pun juga berusaha untuk mengajak peserta dan masyarakat untuk mengetahui program-program dari community development itu sendiri. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini tidak hanya memberikan materi mengenai community development melalui seminar.Lebih dari itu, Com Dev Talk memberikan kesempatan kepada peserta untuk langsung terjun ke lapangan.

Pada hari kedua, peserta berkunjung ke salah satu daerah sasaran community development, yakni di daerah Tajur, Bogor. Di sana, peserta bertemu dengan fasilitator masyarakat sekitar yang mendapatkan binaan dalam program community development. Melalui kegiatan ini, peserta diharapkan dapat memberikan ide kreatif dalam mengembangkan community development di Indonesia ke depan.Masyarakat pun diajak untuk dapat mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Pemberdayaan yang dilakukan akan mendapatkan hasil yang positif apabila individu dan masyarakatnya dapat menyadari dan melaksanakan program pemberdayaan itu secara baik. (sri noviarni)


sumber : http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/191290/