Pelatihan Branding dan Pengemasan Produk


Dengan maksud agar para peserta Comdev BEM FISIP UI (para pemuda RT 08/03 Kelurahan Kemiri Muka, Depok) mengetahui betapa pentingnya merek dan pengemasan suatu produk, maka bertempat di Lapangan H. Musa RT 08/03 Kemiri Muka, Kepanitiaan Comdev Sosmas BEM FISIP UI melalui divisi marketing and product development pada hari Rabu, 24 September lalu, mengadakan pelatihan branding dan pengemasan produk. Hal ini penting karena nantinya para peserta Comdev akan menjual produk yang mereka hasilkan, khususnya briket organik, yakni bahan bakar alternatif yang bahannya berasal dari sekam kayu.

Pemaparan mengenai pentingnya merek dan pengemasan suatu produk ini disampaikan oleh Ajeng Radini Tonia dan Amri Pitoyo Priyadi. Ajeng juga menjelaskan tentang logo dan slogan (tagline) sebuah produk. Selanjutnya tiap peserta diminta untuk membuat merek dan menggambar logo versi mereka sendiri. Dalam pemaparannya, Ajeng memberikan berbagai contoh kasus. Misalnya saat ia menerangkan mengenai betapa sebuah produk akan jauh lebih menarik, bernilai dan memiliki harga yang lebih tinggi jika dikemas dengan menarik, Ajeng bertanya pada peserta "hayoo, kalau ada donat warung sama Dunkin Donuts yang dibungkus, kamu pilih yang mana?" sontak para peserta memilih pilihan yang kedua.

Dalam pelatihan ini, Amri sempat melontarkan penilaiannya mengenai pandangan konsumen terhadap kemasan sebuah produk. Salah satu hal penilaiannya ialah bahwa para calon konsumen yang berasal dari kalangan menengah ke atas akan memilih briket yang terkemas dengan rapi dan menarik, serta tidak membuat tangan mereka kotor, ketimbang briket yang hanya dibungkus dengan kantong plastik biasa. Berikutnya, Amri melatih para peserta untuk membuat kemasan produk briket yang akan dipasarkan oleh para peserta Comdev. Kemasan yang dibuat menggunakan bahan kertas Samsons, dan hasilnya seperti kemasan makanan dari restoran fastfood.

Setelah diadakannya pelatihan ini, selain agar para peserta Comdev mengetahui betapa pentingnya merek dan pengemasan suatu produk, diharapkan pula agar briket produksi mereka memiliki merek dan terkemas dengan rapi dan menarik sehingga memberi nilai lebih ketimbang produk briket lainnya.